Selama ini banyak yang mengaitkan buah jeruk dengan vitamin c. Hal tersebut sama sekali tidak salah, buah jeruk memang kaya akan vitamin c, namun seperti pepatah diatas langit ada langit lagi, buah jeruk bukan yang terkaya. Buah yang paling kaya akan vitamin c ternyata adalah jambu biji. Sebelum membahas lebih jauh tentang jambu biji, yuk kita kenalan dengan harta terbesarnya yaitu vitamin c.

Vitamin C

Vitamin C atau dikenal juga dengan asam askorbat termasuk ke dalam jenis vitamin yang larut di dalam air. Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu, vitamin c juga berfungsi untuk meningkatkan penyerapan zat besi yang berasal dari tumbuh-tumbuhan (bayam merah, kacang-kacangan). Pembentukan kolagen yang bermanfaat bagi kesehatan kulit, pembuluh darah, saraf, dan tulang juga membutuhkan vitamin c.

Beberapa informasi menarik yang harus diperhatikan tentang vitamin c adalah vitamin c dapat rusak oleh panas dan cahaya. Proses memasak dengan suhu yang tinggi atau proses memasak yang lama dapat merusak vitamin c. Proses memasak yang cepat sepertiย blanchingย atau menumis dapat menjadi solusi untuk mempertahankan kandungan vitamin c yang ada di dalam buah atau sayur.

Jumlah vitamin C yang kita butuhkan

Terdapat perbedaan kebutuhan vitamin c untuk laki-laki dan perempuan. Perempuan usia 16-64 tahun, kebutuhan vitamin c hariannya sebanyak 75 mg. Sedangkan laki-laki usia 16-64 tahun membutuhkan 90 mg vitamin c tiap harinya. Kebutuhan vitamin c ini bisa dipenuhi dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayur dengan cukup dan bervariasi.

Makanan Sumber Vitamin C

Buah-buahan merupakan sumber vitamin c yang baik.

Bahan MakananKandungan Vitamin C per 100 gram
Jambu Biji228 mg
Paprika128 mg
Kiwi93 mg
Strawberry59 mg
Jeruk53 mg
Pepaya61 mg
Brokoli89 mg
Tomat23 mg
Snow Peas60 mg
Kale18 mg
Tabel daftar bahan makanan yang banyak mengandung Vitamin C
Source : United States Department of Agriculture, 2019

Dari daftar tabel diatas, dapat dilihat 5 bahan makanan yang mengandung banyak vitamin c adalah buah jambu biji, paprika, kiwi, strawberry, dan jeruk. Jambu biji menduduki peringkat pertama sebagai buah yang mengandung banyak vitamin c yaitu mencapai 200 mg vitamin c dalam 100 gram buah jambu biji. 100 gram buah jambu biji setara dengan ยฝ potong dari jambu biji. Dengan kandungan sebanyak itu, sudah bisa mencukupi kebutuhan harian kita lho. Namun, apabila kalian ingin lebih bervariasi dan tidak bosan kalian bisa mengonsumsi sumber vitamin c lainnya.

Selain menjadi buah paling kaya vitamin c, jambu biji juga kaya akan serat sehingga baik untuk mencegah diare dan konstipasi. Kandungan energi di dalam 100 gram buah jambu biji sekitar 68 kkal, sehingga buah jambu biji menjadi pilihan yang baik untuk menjadi salah satu makanan selingan yang kaya akan serat dan rendah kalori serta dapat membantu kita untuk merasa kenyang dan menurunkan berat badan.

Contoh Resep Buah Jambu Biji

Contoh hidangan dengan buah jambu biji (guava smoothies)
Source picture : pinterest.com/@pricilliagovani

Guava Smoothies

Bahan-bahan :

  1. 1 buah jambu biji
  2. 1 buah pisang yang telah dibekukan
  3. 2 sdm greek yoghurt
  4. Strawberry, pisang, chia seed secukupnya untuk topping

Cara Membuat :

  1. Potong buah jambu biji seperti dadu
  2. Masukkan jambu biji, pisang, dan yoghurt ke dalam blender kemudian haluskan
  3. Saring smoothies yang telah halus apabila tidak ingin ada biji dari jambu
  4. Tambahkan topping diatas smoothies
  5. Smoothies yang segar dan sehat siap disajikan

Nah semoga informasi diatas bisa menambah wawasan mengenai vitamin c dan jambu biji. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin c kalian ya!


Kontributor : Nur Rahmah Utami, mahasiswi Semester 6 Program Studi Gizi FKM UI


Referensi :
Delima M. 2020. Resep Praktis Smoothie Jambu Biji Merah. Available at : womentalk.com
Harvard T.H. Chan School of Public Health. 2020. The Nutrition Source : Vitamin C
Institute of Medicine (US) Panel on Dietary Antioxidants and Related Compounds. Dietary Reference Intakes for Vitamin C, Vitamin E, Selenium, and Carotenoids. Washington (DC): National Academies Press (US); 2000.
National Health Service. 2019. Vitamin C
National Institute of Health. 2021. Vitamin C
Peraturan Menteri Kesehatan RI No 28 Tahun 2019 Tentang Angka Kecukupan Gizi Yang Dianjurkan Untuk Masyarakat Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *