Severe Acute Respiratory Syndrome Corona Virus-2

Corona Virus Disease 19 atau yang akrab dikenal dengan Covid-19 merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh virus yang bernama SARS CoV-2 (Severe Acute Respiratory Syndrome Corona Virus-2). Virus ini pertama kali muncul pada akhir tahun 2019 di Wuhan, Provinsi Hubei, China yang menyerang seseorang berusia 55 tahun.

Pandemi

Saat ini, WHO telah menetapkan kejadian ini sebagai pandemi, dimana per tanggal 7 April 2020 Covid-19 ini telah menyebar ke 211 Negara dan terkonfirmasi 1.214.466 kasus dan 67.767 kematian [1]. Di Indonesia sendiri, juga telah terkonfirmasi 2.378  kasus, dengan jumlah kematian 221 jiwa.

Kabar baiknya, dari sekian jumlah kasus, sebanyak 204 orang telah sembuh dari Covid-19 [2]. Lalu, siapa saja yang rentan terserang virus ini? Bagaimana cara kita menghadapi Covid-19? Langkah apa yang seharusnya dilakukan untuk mencegah penyebaran virus ini?

Penyebaran virus

SARS CoV-2 sangat mudah menyerang orang tua dan orang-orang yang memiliki penyakit medis, seperti kardiovaskular, diabetes, penyakit pernapasan kronis, maupun kanker. Penyebaran virus ini melalui lendir yang tersembur ketika orang yang terinfeksi bersin atau batuk dan ketika droplet (lendir) yang tersembur tersebut menempel di suatu benda kemudian disentuh oleh orang lain dan terhirup.

Masyarakat Indonesia dapat melawan pandemi ini dengan melakukan beberapa hal, yaitu ketika batuk atau bersin, tutup hidung dan mulut menggunakan lengan atau kain maupun tisu. Selanjutnya, cuci tangan dengan sabun sesuai dengan prosedur yang baik dan benar, menjaga jarak satu sama lain minimal satu meter, menggunakan masker apabila batuk atau flu, mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang [3].

Leave a Reply

Your email address will not be published.